Senin, 24 September 2012



JEJAK  KEJAYAAN  SDK  SANG TIMUR
DI  WILAYAH  BANTEN

(oleh : F.A. Marjito)

Usaha, perjuangan, dan doa
Senin, 16 Juli 1990, Suster Marcella PIJ, selaku Kepala Sekolah dan dibantu oleh seorang guru, mulai mendidik 45  murid SD. Dengan menempati sebuah ruangan berukuran 4 m x 8 m kegiatan pertama sekolah dilaksanakan. Tempat itu berada di Jalan Barata Raya no. 29, Kompleks Barata, menyatu dengan sebuah garasi yang  juga difungsikan sebagai tempat misa. Dengan  fasilitas belajar  seadanya dan kerja sama dengan Pastor Paroki Santa Bernadeth, di tempat inilah  menjadi cikal bakal berdirinya SDK Sang Timur.dan kerja sama dengan Pastor Paroki Santa Bernadeth
Seiring dengan bertambahnya jumlah murid maka satu tahun kemudian murid-murid menempati ruangan Bangunan Sekolah Sementara Sang Timur (BSS) sebagai kegiatan belajar. Bangunan tersebut berada di Jalan Barata Pahala no. 37, Karang Tengah. Di tempat ini terdapat 173 murid kelas I dan II yang didampingi oleh tiga orang  guru, yaitu Sr. Anselma PIJ, Ibu Marwati, dan penulis sendiri. Murid-murid belajar dengan tekun selama satu tahun di tempat ini. Bersamaan dengan menempati BSS ini, sekolah resmi mendapat izin operasional dari Kanwil Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat yaitu bulan Desember 1991. Setelah mendapat izin operasional berarti Sang Timur berhak untuk mengembangkan dan melangsungkan kegiatan proses belajar mengajar.
Gedung permanen sekolah yang dibangun sejak tahun 1990 mulai difungsikan. Pada tahun 1992, gedung sekolah yang terdiri dari 3 lantai ini mulai digunakan untuk kegiatan proses belajar mengajar dengan 305 murid yaitu murid kelas I, II, dan III. Dengan menempati  gedung ini, kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler semakin  berkembang. Hal ini karena fasilitas yang tersedia sudah semakin lengkap. Setelah menempati gedung baru, mulai terjadi perubahan-perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut antara lain jumlah murid, guru dan karyawan, kurikulum yang inovatif, serta fasilitas belajar yang memadai. Perubahan dan perkembangan SDK Sang Timur tak lepas karena berkat doa dan dukungan para orang tua murid dan perjuangan orang-orang di sekitarnya sehingga menjadi lebih kuat. Orang-orang yang berjasa tersebut antara lain Rm. Ludo Reekmans CICM, Bpk. St. Sugijatno Soesilo, Bpk. B. Sudjarwo, dan Bpk. Slamet Riyadi. Mereka adalah orang-orang yang sejak awal peduli terhadap pembangunan gedung sekolah. Pada tanggal 1 Mei 1993 gedung sekolah diresmikan oleh Walikota Tangerang, Drs. Zakaria Machmud dan diberkati oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr. Leo Sukoto SJ.
            Tahun demi tahun perkembangan proses kegiatan belajar mengajar semakin maju dan berkualitas. Semuanya terjadi berkat usaha yang sinergis dari berbagai komponen pendidikan. Perkembangan sekolah bisa terjadi juga berkat usaha dari 8 kepala sekolah yang pernah memimpin sampai saat ini. Perkembangan yang berkualitas semakin menguatkan keberadaan SDK Sang Timur di tengah masyarakat dan pemerintah. Hal ini terbukti dengan adanya akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional terhadap sekolah Sang Timur. Hingga saat ini SDK Sang Timur sudah diakreditasi sebanyak tiga kali.

Fasilitas dan Kegiatan

SDK Sang Timur Karang Tengah saat ini dipimpin oleh Sr. Evarista PIJ,S.Pd. Di awal kepemimpinan pada tahun ajaran 2009/2010, banyak tantangan yang harus beliau hadapi, seperti jalan menuju sekolah yang belum memadai dan keberadaan beberapa sekolah dasar di sekitar Karang Tengah yang menawarkan banyak fasilitas dan kemudahan. Sekolah tersebut adalah 7 SD swasta dan 21 SD Negeri yang berada di wilayah Karang Tengah. Hal tersebut praktis menurunkan animo masyarakat terhadap SDK Sang Timur, karena dihadapi banyak pilihan sekolah berkualitas. Tetapi di balik itu semua, SDK Sang Timur tetap eksis keberadaannya dan tetap dipercaya oleh masyarakat. Bahkan semakin banyak prestasi yang sudah terukir oleh para siswa di sekolah yang sudah meluluskan ribuan siswa ini. Rata-rata prestasi yang diraih adalah dari bidang olahraga seperti futsal, bidang seni, bahasa, dan bidang pengetahuan seperti matematika dan IPA. Hal ini karena sekolah Sang Timur tidak hanya mengembangkan intelektual anak, namun juga membentuk sikap dan mengembangkan keterampilan anak. Di samping itu, sekolah juga selalu berusaha memenuhi fasilitas belajar dan didukung oleh para guru yang profesional. Fasilitas ruang selain kelas yang ada saat ini yaitu Ruang Guru, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Ruang Perpustakaan, Ruang Studio Musik, Ruang UKS, Ruang BP, dan Lapangan Olahraga.

Menurut Undang-Undang Sisdiknas BAB II, Pasal 3, tahun 2003, Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan fungsi dan mencapai tujuan tersebut maka SDK Sang Timur  menyelenggarakan berbagai bidang kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut untuk menunjang kegiatan belajar utama yaitu kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada saat ini adalah Pramuka, Menari, Kolintang, Musik Band, Ansambel Musik, Bina Vokal, Melukis, Membatik, Basket, Futsal, Sepak Bola, Karate, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan MIPA. Dalam kegiatan intrakurikuler, sebagian kegiatan pembelajaran di SDK Sang Timur mulai  menggunakan metode entrepreneur guna mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa. .

            Selain sering mengukir prestasi, sekolah yang dulunya bernama SDK Sang Timur Ciledug ini, sangat terkenal dengan berbagai kegiatan menarik di tiap tahun ajarannya. Acara menarik tersebut antara lain seperti perayaan dan peringatan hari besar keagamaan, HUT RI, Bulan Kitab Suci, Pesta Siaga, Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa), Bulan Bahasa,  Story Telling, Kesenian Jatilan, Bakti Sosial, Bazar, dan Pentas Seni. 

Di gedung yang sebagian besar dindingnya berwarna krem ini sudah membuktikan bahwa kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan suasana yang kondusif.  Sampai saat ini, SDK Sang Timur sudah berhasil meluluskan sebayak 2.478 murid.
Dengan melihat, mengenal, dan memahami  perjuangan SDK Sang Timur Karang Tengah semoga dapat meningkatkan semangat dan ketekunan belajar para siswa. Keberhasilan murid adalah keberhasilan sekolah dan wali murid. Dengan demikian kejayaan SDK Sang Timur Karang Tengah berarti juga kejayaan Sang Timur di Indonesia yang berumur dasawindu saat ini. Dirgahayu Sang Timur di Indonesia, semoga tetap lestari dan makin jaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar